Test Your Hunger IQ

About

Monday, July 30, 2012

Larangan di Singapur

Liburan kenaikan kelas tahun ini, aku pergi ke Singapur. Kebiasaan orang-orang di Singapur tuh beda banget sama kebiasaan-kebiasaan kita. Nah, sekarang aku mau kasih tau nih kebiasaan orang-orang Singapur biar nanti kalau ke sana gak keliatan 'freak'nya.

1. Jangan buang sampah sembarangan
Sebenernya dimana-mana juga gak boleh buang sampah sembarangan sih, tapi kalau di Singapur tuh hukumnya tegas banget. Kalau kamu buang sampah sembarang, kamu bisa-bisa didenda dan kalau gak salah dendanya tuh SG$500 yang kurang lebih 3.5juta. Jadi, hati-hati ya, Guys entar semua uang jajan habis deh.

2. Berdiri di sebelah kiri eskalator (tangga berjalan)
Mungkin aneh sih, tapi di Singapur tuh orang-orangnya suka jalan cepet. Jadi buat orang-orang kaya aky yang jalannya suka nyantai diharapkan banget untuk berdiri di sebelah kiri eskalator. Biasanya jalur yang kanan digunakan oleh orang-orang yang lagi buru-buru, ya meskipun emang tetap aja ada yang berdiri nyantai di jalur kanan.

3. Mengalah tempat duduk kepada ibu hamil, lansia, dan orang lain yang kiranya membutuhkan
Kalau lagi berada di dalam MRT (kereta bawah tanah) ataupun bus yang ramai, hendaklah kita merelakan tempat duduk kita nan nyaman kepada orang yang lebih membutuhkan. Ya, kalau ini mah kesadaran sendirilah yah...

4. Memberi jalan kepada orang-orang yang sedang berlari
Kalau kamu ngeliat seseorang sedang lari dari kejauhan, maka hendaknya nanti kamu memberi jalan kepada dia, jangan malah dihalangin. Mengapa? Karena kalau orang yang lagi berlari itu dihentikan, maka energi yang digunakan untuk lari lagi setelah beberapa detik pause itu akan lebih besar. Sehingga, orang yang lari tersebut akan lebih cepet capek. Dan yang men-shock-an adalah saat mereka yang sedang berlari mengatakan "Thank you" kepada kita. Hehe.

Ini adalah salah sebagiannya. Kalau nanti aku keingat yang lain, entar aku bakal tulis lagi.
Moga artikel ini berguna yah.... thank you :)

No comments:

Post a Comment